5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Liquid

Seiring dengan terus maraknya penggunaan vape atau rokok elektrik atau vape, semakin berkembang juga variasi liquid dipasaran. Bagi yang sudah berpengalaman dalam dunia vaping mungkin sudah paham dan tidak akan terlalu bingung dalam penentukan device atau liquid yang akan mereka pilih. Namun untuk pemula atau newbie, hal ini akan cukup membingungkan karena banyaknya pilihan jenis liquid dipasaran.

Liquid Vape atau yang sering disebut vapor juice, e-juice, vape juice atau liquid pod adalah cairan yang menjadi bahan utama dalam aktivitas vape yang hadir dengan berbagai macam pilihan rasa, aroma, hingga level nikotin yang berbeda.

Sebelum menentukan varian rasa atau liquid yang akan anda dipilih, ada baiknya kamu mengetahui tentang hal-hal berikut ini :

1. Ketahui jenis liquid yang kamu gunakan
Dalam dunia vape, ada dua jenis liquid yang dikenal, yaitu Freebase dan Salt Nicotine. Kedua liquid ini memiliki ciri khas tersendiri mulai dari rasa, aroma, hingga level nikotin yang digunakan.

Pertama, jenis freebase. jenis liquid ini dapat menghasilkan uap lebih banyak, rasa lebih padat dan terasa pekat di mulut. liquid freebase ini menggunakan nikotin dalam level yang rendah.

Kedua, jenis salt Nicotine. Kebalikan dari liquid freebase, Salt Nicotine merupakan jenis liquid dengan kadar nikotin lebih tinggi namun menghasilkan uap yang lebih sedikit. Jenis liquid ini lebih cocok untuk mereka yang baru beralih ke vape atau newbie. Uap yang dihasilkan juga smooth dan tidak mengganggu di tenggorokan.

Ketahui dulu device dan jenis liquid yang kamu gunakan. Karena keduanya memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda pula. selain itu kamu juga harus mempelajari kadar nikotinnya dan kandungan lain yang digunakan agar dapat menikmati sensasi vape dengan nikmat.

2. Cari tahu tentang review liquid tersebut
Sebaiknya kamu mencari terlebih dahulu informasi mengenai liquid yang kamu inginkan. ajangan sembarang membeli merek Liquid yang sedang tren. Penjual mengharapkan dapat mengetahui Liquid apa yang kamu inginkan meskipun mereka hanya dapat memberikan informasi yang terbaik. Oleh karena itu, mencari tahu tentang Review dan Brand akan membantumu menemukan lebih banyak informasi tentang merek yang sedang populer dan produk terbaik untuk dibeli.

Kamu bisa mencari review atau ulasan tersebut di social media ataupun ulasan yang diberikan oleh pelanggan lain dihalaman toko online tersebut. Sehingga kamu dapat mengetahui apakah liquid itu baik menurut mereka, dan jika tidak, apa masalahnya.

3. Pilih Liquid dengan kadar Nikotin yang pas sesuai denganmu
Salah satu keuntungan beralih le rokok elektrik adalah kamu dapat mengontrol kadar nikotin yang pas untukmu. Beberapa akan memilih Liquid yang memiliki konsentrasi nikotin tinggi sementara ada juga yang lebih suka konsentrasi nikotin rendah. Vaping dianggap sebagai pilihan terbaik bagi mereka yang mencoba berhenti merokok atau untuk mantan perokok yang sangat merindukan merokok.

Jadi, saat membeli pastikan untuk mengecek keterangan kadar nikotin di botol. Misalnya, bisa menunjukkan 3 mg, yang berarti ada 3 miligram nikotin untuk setiap mililiter liquid dalam botol itu. Jika kamu tidak yakin apakah kadar tersebut terlalu tinggi untukmu, konsultasikan dengan orang yang pernah mencobanya atau memakai Liquid non-nikotin.

4. Menentukan rasa yang sesuai selera
Ada begitu banyak flavor yang sekarang dijual, kamu harus rajin mencoba dan menentukan liquid dengan rasa seperti apa yang kamu suka. Hal yang menarik dari menggunakan vape adalah dapat bereksperimen dengan menggabungkan lebih dari satu rasa pada saat yang bersamaan. Luangkan waktumu saat mencari rasa dan campuran terbaik.

Pada umumnya, terdapat dua tipe rasa liquid yang beredar dipasaran. yaitu rasa fruity dengan bahan dasar buah-buahan yang memiliki kesan manis, juicy dan fresh. dan creamy yang memiliki cita rasa manis seperti kue, susu, pastry dll.

Pilih rasa liquid yang paling kamu suka, jika ingin mencoba sensasi baru kamu juga bisa memilih liquid BEKU by PODA E-Liquid Company yang memiliki sensai baru yang belum kamu rasakan sebelumnya.

BEKU memiliki 3 varian rasa yaitu Pomegranate, Mango Freeze, dan Honeydew. after taste yang diberikan BEKU sangat unik karena terasa lebih dingin dan berbeda dari liquid lainnya.

Gimana, berani coba?


5. Memahami tentang VG, PG dan rasio
Apa sih PG dan VG?
PG adalah propyl glycol yang membawa perasa dan bikin tenggorokan kamu berasa saat menghisap asapnya.sedangkan VG itu adalah vegetable glycerin, yang walau bikin rasa enggak sekuat PG tapi bikin asap lebih tebal. Gabungan keduanya ini memiliki rasio yang berbeda di tiap liquid dan menimbulkan perbedaan. Ada liquid yang lebih berasa, berarti lebih banyak PG, dan ada juga liquid yang lebih berasap, berarti lebih banyak VG.

Saat memilih Liquid, kamu perlu mempertimbangkan untuk memeriksa rasio VG ke PG. Ini menentukan seberapa halus tenggorokan Anda. Ini umumnya dikenal sebagai TH (Throat Hit) atau serangan tenggorokan. Rasio standarnya adalah 60/40, yang menyeimbangkan antara kehalusan dan pengalaman rasa.

Tetapi jika kamu memilh lebih banyak TH, 70/30 adalah pilihan terbaik. Menurut produsen, angka-angka ini dapat bervariasi sesuai keinginan pengguna.

Source :
review.bukalapak.com
vapeboss.co.id