Tips Mencegah Dehidrasi Saat Vaping


Mengapa Vaping Menyebabkan Dehidrasi?

Alasan utama vaping dapat membuat haus yaitu di ๐ค๐จ๐ฆ๐ฉ๐จ๐ฌ๐ข๐ฌ๐ข ๐ฅ๐ข๐ช๐ฎ๐ข๐.

๐˜—๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜บ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฆ ๐˜Ž๐˜ญ๐˜บ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ญ adalah salah satu dari empat bahan utama dalam liquid dan penyebab utama rasa haus. Bahannya adalah ๐˜ก๐˜ข๐˜ต ๐˜๐˜ช๐˜จ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ฌ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜ช๐˜ด yang dikenal sebagai ๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ, yang dapatย menyerap dan menahan molekul air.

Jika kamu menggunakan liquid dengan persentase VG:PG 50:50 atau mungkin lebih dominan PG,biasanya kamu akan lebih cepat haus dibandingkan dengan High VG liquid.

Vaping bersifat hidroskopi, artinya proses mengisap vape akan menghilangkan hidrasi dari mulut dan tenggorokan. Hal ini memicu mulut penggunanya menjadi kering, dan konsekuensinya, tubuh membutuhkan cairan yang lebih untuk melawan dehidrasi.

Gejala dehidrasi bisa muncul dari berbagai cara, seperti mulut kering, mata kering, pusing dan sakit kepala, urine berwarna gelap, serta meningkatnya rasa haus.

Bagaimana cara mencegah dehidrasi saat vaping?
Tenang sobat vapers, dehidrasi ketika ngevape itu suatu hal yang mudah dicegah kok! yang penting kalian ikutin tips-tips dibawah ini ya!


1. Minum air putih dengan skala yang cukup
Hal ini merupakan hal yang penting, bahkan untuk kamu yang tidak ngevape pun minum air putih yang banyak adalah hal yang wajib. Ahli kesehatan merekomendasikan kita wajib untuk meminum air putih 6 hingga 8 gelas sehari.

untuk sobat vapers, biasakan untuk membawa botol minun sendiri, sehingga dimanapun dan kapanpun sobat vapers ingat untuk selalu minum air putih.

2. Kurangi mengonsumsi alkohol dan minuman berkafein
Minuman seperti soda, kopi, teh, dan lain-lain juga dapat menyebabkan dehidrasi. untuk itulah mengapa sobat vapers sebaiknya mengurangi minuman tersebut agar tidak mempercepat efek dehidrasi.

eitsss, tenang! bukan berarti kalian tidak bisa mengkombinasikan vape dengan kopi kalian, itu jelas adalah kombinasi yang ciamik! Namun, tetap pastikan untuk membawa air putih agar sobat vapers tetap terhidrasi.

3. Perbanyak makan buah dan sayur dengan kandungan air yang tinggi
Ada banyak jenis sayur-sayuran atau buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi. Mengonsumsi sayur dan buah tersebut ddapat menjadi salah satu cara untuk menghindari dehidrasi saat ngevape.

Contoh sayur-sayuran atau buah-buahan yang bisa kalian konsumsi adalah :
Sayuran : Tomat, mentimun, bayam, wortel
Buahan : Semangka, melon, belimbing, jeruk

4. Sesuaikan rasio pg / vg kalian
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PG dan VG keduanya adalah zat humektan. Jadi, jika liquid ber-PG tinggi membuat kalian dehidrasi, ada baiknya kalian mencoba liquid dengan lebih banyak VG. Selain itu, sensitivitas PG relatif umum, dan salah satu gejala alergi PG adalah dehidrasi. Jika coil dan device vape kalian mendukung liquid dengan rasio VG yang lebih tinggi, ada baiknya dicoba.

5. Hindari vaping saat mengalami kehilangan cairan
Sobat vapers, hindari vaping saat kondisi atau sedang melakukan aktivitas yang menyebabkan kehilangan cairan. Contoh aktivitas dan kondisi tersebut seperti, misalnya :
1. Selama melakukan aktivitas fisik yang berat (Olahraga, Latihan fisik, Kerja berat)
2. Saat mengalami demam, muntah, diare
3. saat berada dikondisi panas yang ekstrim dan kekurangan air minum


Nah, itu dia tips nya sobat vapers!
meskipun vaping menyebabkan dehidrasi. Agar kalian tetap bisa vaping dengan enjoy, kalian bisa mencegahnya dengan hal-hal tersebut. Tips yang paling utama adalah perbanyak minum air putih, itu wajib ya soabt vapers!